DomaiNesia

Monday 1 February 2016

Cara Membuat Form di HTML (tag form)

Form



Form isian atau borang dalam istilah bahasa Indonesianya, dapat kalian buat di halaman web kalian untuk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk aplikasi buku tamu, login, registrasi, dan lain sebagainya. Dibanding skill pelajaran html lainnya seperti membuat paragraf atau memasukkan gambar, membuat form relatif lebih sulit. Untuk itu kalian sebaiknya membaca setiap petunjuk disini agar lebih mudah memahami cara membuat form ini.
Di bawah ini adalah contoh sebuah form registrasi dengan berbagai macam jenis input.










Diatas adalah contoh dari form sederhana yang akan kalian pelajari disini. Sekarang siapkan bahan-bahannya, yaitu <form>, <input>, <select>, dan <option>.
Sebelum mulai mempelajari tiap tag, ada baiknya kalian mengetahui bahwa untuk membuat sebuah form yang dapat dikirim dan diproses di server kalian harus mengetahui PHP dan SQL. Disini kalian hanya mempelajari dasarnya saja yaitu bagaimana cara menampilkan sebuah form yang baik.
Sekarang kalian lihat form diatas, dan perhatikan bahwa tiap baris mempunyai jenis input yang berbeda-beda. Apa itu input? Input adalah sesuatu yang dimasukkan oleh pembaca halaman web kalian misalnya teks. Dari atas ke bawah :
  • Text
  • Radio
  • Select
  • Textarea
Input tipe Text digunakan untuk memasukkan karakter-karakter yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Berbeda dengan Textarea yang dapat menampung karakter dalam jumlah besar. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :
<form action="#" method="post" >
Nama Depan :<p><input type="text" name="text"></p>Nama belakang : <p><input type="text" name="text"> </p><br><br>Alamat<br><textarea rows="2" cols="3"></textarea><br>
</form>
Berikut penampakannya jika dijalankan melalui browser:



Radio

Radio digunakan apabila pilihan yang disediakan hanya dapat dipilih satu saja. Contoh penggunaannya
Jenis Kelamin:
</p>
<input type="radio" name="jenkel" value="laki-laki">laki-laki
<input type="radio" name="jenkel" value="peria">peria 

Berikut penampakannya jika dijalankan melalui browser:


Tombol Button

Berfungsi untuk menggunakan tag input dengan type=”submit” untuk membuat tombol di dalam form HTML, namun HTML menyediakan tag khusus yang memiliki fungsi sama, yakni tag button.
Tag button berfungsi untuk membuat tombol baik itu di dalam form, maupun diluar form. Dibandingkan dengan tombol yang dibuat dengan tag input type=”submit”tag buttonmenawarkan fleksibilitas yang lebih.
Contoh pengunaanya sebagi berikut:
<button type="Submit" value="simpan">Simpan</button>
<button type="reset" value="reset">Reset</button>

Berikut penampakannya jika dijalankan melalui browser:




Sekian toterial Form dari saya semoga bermanfaat bagi temen-temen .

Lokasi: Makassar, Makassar City, South Sulawesi, Indonesia

2 comments:

  1. stlh sy mmbca dan mmpljri dari artikel ini bahwa Tag button berfungsi untuk membuat tombol baik itu di dalam form, maupun diluar form.trmksh ya atas informasinya
    Kunjungi website sy ya: https://yuliyani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Dan kunjungi website kmps sy: http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Bang saya kan bikin notepad login, tapi belum juga masukin tombol baru aja mencet login dah masuk itu masalahnya apa ya

    ReplyDelete

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com