DomaiNesia

Sunday 26 June 2016

Membuat database mengunakan mysql-front

Perintah-perintah dalam MYSQL

untuk membentuk suatu database, perlu diketahui terlebih dahulu struktur dalam pembuatanya, baik dalam pembuatan database dan tabel , menampilkan informasi hingga memanipulasi  record dalam tabel. Namun sebelum melakukanya, terlebih dahulu kita lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. klik start kemudian pilih wampserver kita aktifkan terlebih dahulu servernya



2. Apabila sudah di aktifkan wampnya akan muncul seperti ganbar di bawah ini.


3. Saya disini mengunakan MySQL-Front untuk mengkonfigurasi databasenya bisa mengunakan cmd bisa mengunakan yang seperti saya gunakan di bawah ini juga bisa.

4. Kemudian apabila sudah selesai di install app nya,,app nya seperti di bawah ini tampilan awalnya.



5. Selanjutnya klik SQL Editor untuk membuat database,,seperti gambar di bawah ini.


 6. Kemudian buat satu buah Database dengan nama apa aja sesuai kebutuhan temen-temen disini saya membuat database rumah_sakit sebagai contoh;
caranya;
create databases rumah_sakit;


 7. Kemudian temen-temen bisa lihat gambar di bawah ini sudah ada terbuat satu buah database rumah_sakit itu berarti kita sudah sukses.


 8. Selanjutnya sebelum melangkah lebih jauh kawan kawan harus mengunakan database salah satu dari sekian banyaknya database yg ada di mysql...kawan-kawan harus gunakan salah satu dari sekian banyak dengan cara ;
contohnya
use rumah_sakit;


 9. Kemudian saya membuat tabel pasien dengan field kd_pasien, kd_dokter, nama_pasien, alamat_pasien, tangggal_datang, keluhan.
kurang lebih ada enam field temen-temen ketikan seperti gambar di bawah ini kemudian jalankan d mysql-front.


10. Apabila kawan sudah ketik diatas kemudian kawan bisa tampilkan dengan cara 
show tables;
akan muncul seperti gambar di bawah ini berarti sukses pembuatan tabel nya.



11. Selanjutnya tampilkan  field nya kawan dengan cara 
desc pasien;
apabila muncul seperti gambar di bawah ini berarti sudah berhasil


Sekian tutorial dari saya apabila ada yang salah mohon di maffkan mohon masukan nya supaya saya bisa belajar lebih giat lagi kawan.

9 comments:

  1. Thanks gan tutornya, ane jadi tau sekarang caranya. Tutornya juga jelas, karena dilengkapi dengan gambar.

    ReplyDelete
  2. duh gan ane kok masih mudeg ya hahaha

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah dapet tambahan ilmu lagi, ini nnt di bahas di mana min? SMA kah atau cmn ada di SMK?

    ReplyDelete
  4. mantap gan tutornya kapan2 bisa trening langsung g sama agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. what, ane pemula gan belum bisa di bilang newbie

      Delete

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com